Beda Koil Motor Injeksi dan Karburator

Advertisement
advertisement


mototips100.blogspot.com - Beda koil motor injeksi dan karbu. Merasa kurang dengan pacuan kita? Wajar bro. mulai dari pacuan karbu sampai injeksi semua minta upgrade. Baik dari segi daleman mesin yang diganti dengan part part racing sampai sitem kelistrikan yang terdiri busi koil dan sebagainya. Oke kali ini mari kita membahas mengenai koil sebagai mana kita tahu koil adalah perangkat kelistrikan pada motor yang berfungsi mengirimkan arus ke busi motor. Nah bro ternyata koil motor injeksi dan motor karbu beda bro. tentunya kita gak mau kan motor kesayangan kita malah gak bertenaga atau bahkan rusak gara-gara hal sepele seperti pemilihan jenis koil. Nah oleh sebab itu kita hati hati dalam pemilihan koil untuk motor kita bro, terlebih yang sudah menggunakan sitem injeksi karena terdapat perbedaan yang signifikan antara koil buat motor injeksi yang aplikasi ECU (Electronic Control Unit) atau ECM (Electronic Control Module) sebagai otak pengapian dan kelistrikan motor dengan motor karburator yang aplikasi CDI buat otak pengapian.
 
Perbedaan ini meliputi perbedaan tahanan yakni pada motor karburator tahanannya sebesar kurang lebih 1,5 ohm dan untuk motor injeksi tahanannya berkisar antara 2ohm. Perbedaan ini tentu bukan tanpa alasan bro bro sekalian. Tentunya perbedaan besarnya tahanan ini terkait dengan cara kerja yang berbeda  dari masing masing jenis part pengantar percikan api ke busi itu. Nah dengan perbedaan system otak tersebut tentunya tegangan yang akan dihantarkan berbeda.

Nah pada motor injeksi ternyata untuk membuat percikan api yang besar selain dipengaruhi coil juga dipengaruhi oleh voltase aki, yang dikontrol oleh ECU, sehingga dalam motor injeksi ECU sebagai pengganti CDI hanya bertugas memberikan signal pada koil kapan waktu yang tepat untuk memercikkan api berdasarkan sensor yang ada dalam motor.

Nah setelah perbedaan dari komponen dan karakteristiknya, perbedaan dari tampak luar atau penampilan juga bisa dijadikan acuaan untuk pemilihan coil. Terutama dari ada tidaknya soket dibelakang koil. Untuk motor injeksi memiliki 2 soket sedangkan untuk motor karburator hanya memiliki 1 buah. Perbedaan jumlah soket ini tentunya disebabkan oleh karakteristik tugas ke dua koil tersebut. sehingga kita tidak boleh asal subtitusi coil motor karena jika kita salah dalam menggainti jenis coil pada motor kita tentunya akan berakibat buruk juga pada motor kita.

Nah itu bro perbedaan antara koil motor system injeksi dengan motor sistem karburasi. Kesalahan pemilihan koil pada jenis system kendaraan bermotor tentunya dapat berakibat buruk ataupun merugiakan buat bro bro sekalian. Jadi sebelum mengganti koil ada baiknya bro-bro sekalian mencermati dan mencari referensi yang banyak mengenai koil yang akan bro gunakan.

Sekian untuk ulasannya bro. keep safety dan salam satu jiwa. Jiwa biker.

Baca juga: tips untuk motor anda
Advertisement
advertisement
Beda Koil Motor Injeksi dan Karburator | Anonymous | 5